Buletin Analisis IHSG & Stockpick Saham edisi Desember 2016 sudah terbit! Anda bisa langsung memperolehnya disini, gratis konsultasi tanya jawab saham untuk member, langsung dengan penulis.

Pray for Indonesia

Dear investor, artikel kali ini tidak berhubungan dengan pasar modal. Tapi sekedar sharing dari penulis aja. Kita tentu tahu benar kalau Indonesia saat ini lagi dilanda bencana alam besar-besaran. Mulai dari meletusnya Gunung Sinabung, banjir bandang di Wasior, meletusnya Gunung Merapi, hingga tsunami di Mentawai. Hmm.. pertanda apakah ini semua?

Kalau saya baca-baca di internet, tafsir masyarakat dari bencana beruntun yang menimpa negeri ini macam-macam. Mulai dari mengkaitkannya dengan tanggal 26, hingga ada orang yang menerbitkan buku berjudul ‘Bencana Bersama SBY’, karena banyaknya bencana alam selama masa pemerintahan Presiden SBY. Andapun mungkin punya tafsir sendiri. Namun bagi penulis, makna dari berbagai bencana tersebut mungkin sederhana saja.

Mungkin, bencana-bencana yang terjadi akhir-akhir ini salah satunya bertujuan untuk mengingatkan kita, yang sangat beruntung karena tidak harus terkena dampak bencana-bencana tersebut, untuk bersyukur atas apa yang kita peroleh selama ini. Contoh, IHSG saat ini tampak mantap diatas 3,600, meski banyak indikasi yang menunjukkan bahwa angka tersebut bubble. So, saya yakin banyak dari temen-temen investor yang saat ini sedang menikmati gain yang signifikan dari portofolio-nya masing-masing. Lalu, sudahkah anda menyisihkan sebagian dari gain tersebut untuk para pengungsi Mentawai dan Merapi? Saya yakin sebagian dari anda menjawab ‘Sudah!’. Jadi yang masih belum, anda masih memiliki kesempatan. Yup, inilah yang penulis maksud dengan mensyukuri gain yang selama ini anda peroleh.

Lalu, kemana kita bisa menyumbang? Tentunya ada banyak lembaga yang menampung sumbangan dari masyarakat untuk para pengungsi. Favorit penulis adalah stasiun televisi. Berikut salah satunya:

MetroTV, atas nama Yayasan Media Grup
Bank Mandiri: 117.000888.5550
Bank BCA: 288.33333.73

Mohon maaf bukannya promosi, tapi memang hanya nomor rekening ini yang penulis hafal, soalnya penulis kalo nonton tv lebih banyak liat Tv-nya Om Surya Paloh ini. Stasiun tv yang lain cuma buat nonton bola doang. Tapi tentu anda bisa menyumbang melalui lembaga lainnya, gak harus MetroTV.

Surya Paloh

Tentunya, tidak ada ketentuan sama sekali mengenai berapa kita harus menyumbang. Mau 20 ribu atau 20 juta sama saja. Yang penting anda ikhlas! Dan tentunya setelah menyumbang, anda boleh berdoa: Mudah-mudahan IHSG terus naik sehingga porto saya semakin gemuk, dan ketika terjadi koreksi nanti, saya tidak terlambat mencairkan semua porto saya. Amin!

Seorang teman yang sangat saya hormati pernah menulis ini di statusnya, ‘Lupakan soal David Foster! Saat ini negeri kita sedang dilanda bencana. Gak pantes kita seneng-seneng nonton konser sementara saudara-saudara kita bahkan tidak bisa tidur karena kehilangan rumahnya..' Dan kalau boleh saya tambahkan, saya juga ingin bilang, ‘Kalau temen-temen saat ini lagi seneng karena IHSG naik terus, maka tentunya tidak ada salahnya jika kita sedikit membagi kesenangan itu buat saudara-saudara kita yang kurang beruntung di Merapi dan Mentawai sana.’

Lalu bagaimana kalau porto anda masih merah? Tentunya tidak ada paksaan sama sekali untuk menyumbang (ga ikut nyumbang juga ga papa kok). Tapi mungkin saja kan, jika anda menyumbang maka peruntungan anda di stock market kedepannya akan berubah? Who knows? Saya selalu percaya bahwa keberuntungan, termasuk keberuntungan di pasar modal, adalah buah dari perbuatan baik yang kita lakukan.

Akhir kata, semoga para korban bencana alam mendapatkan hak-haknya dan diberi ketabahan, dan semoga amal ibadah temen-temen diterima oleh Yang Maha Kuasa, Amin.
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin

2 komentar:

FLASHNET mengatakan... Balas

amin.. semangat....

Anonim mengatakan... Balas

trima kasih pak sudah mengingatkan..
semoga mereka ditabahkan dan diberi kekuatan agar dapat kembali bangkit dan beraktivitas kembali...
PRAY FOR INDONESIA