Jadwal Seminar/Training Investasi Saham: Value Investing, Amaris Hotel Thamrin City Jakarta, Sabtu 21 Januari. Keterangan selengkapnya baca disini.

Anda investor pemula/calon investor? Silahkan baca tips dan trik investasi saham di artikel ini. Untuk tips memilih broker/sekuritas, baca disini.

Discounted Cash Flow

Discounted Cash Flow atau biasa disingkat DCF adalah salah satu metode untuk menghitung prospek pertumbuhan suatu instrumen investasi dalam beberapa waktu ke depan. Konsep DCF ini didasarkan pada pemikiran bahwa jika anda menginvestasikan sejumlah dana, maka dana tersebut akan tumbuh sebesar sekian persen atau mungkin sekian kali lipat setelah beberapa waktu tertentu. Disebut ‘discounted cash flow’ atau ‘arus kas yang terdiskon’, karena cara menghitungnya adalah dengan meng-estimasi arus dana dimasa mendatang untuk kemudian di-cut dan menghasilkan nilai dana tersebut pada masa kini.

(Bukan) Cara Cepat Kaya dari Saham

Beberapa waktu yang lalu, penulis pernah menerima email dengan bunyi kira-kira begini, ‘Mas Teguh, saya baru mulai berinvestasi di saham. Kira-kira berapa ya jumlah modal awal yang ideal? Soalnya saya baru menyetor Rp10 juta. Sementara saya dengar, para investor di saham biasanya modalnya mencapai ratusan juta, bahkan bisa sampai milyaran. Apakah saya bisa bersaing dengan para pemodal besar tersebut?’

Indofarma

Saham recehan alias penny stock selalu menarik untuk dicermati, terutama karena harganya yang terjangkau. Untuk membeli saham seharga Rp100 per lembarnya, misalnya, maka anda hanya perlu mengeluarkan dana Rp50,000 untuk mendapatkan 1 lot saham tersebut (belum termasuk fee sekuritas). Nah, salah satu saham penny yang sedang naik daun belakangan ini adalah Indofarma (INAF). Sejak Oktober 2011 lalu, INAF terus naik dari posisi 79 hingga terakhir sudah menyentuh 174, atau telah menguat 120% dalam tiga bulan terakhir. Pertanyaannya sekarang, apakah kenaikan tersebut wajar dan masih akan terus berlanjut di masa mendatang?

Raja Minyak (Kelas) Eceran

Menurut anda, komoditas apakah yang merupakan andalan utama ekspor Indonesia? Apakah batubara? Atau CPO? Kedua-duanya benar. Tapi masih ada satu komoditas lagi yang nilai ekspornya lebih besar daripada kedua komoditas diatas. Dan kalau anda masih ingat, kita sudah mempelajari hal ini bahkan sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar. Yup, komoditas itu adalah minyak dan gas, atau biasa disingkat migas.

Pilih Jadi Investor, atau Trader?

Sejatinya artikel ini akan diposting di blog ini pada hari Selasa, 10 Januari mendatang. Tapi berhubung di akhir pekan ini penulis lagi bener-bener senggang, jadi ya udah dipostingnya sekarang aja. Oke, kita langsung saja.