Buletin Analisis IHSG & Stockpick Saham edisi Desember 2016 sudah terbit! Anda bisa langsung memperolehnya disini, gratis konsultasi tanya jawab saham untuk member, langsung dengan penulis.

Prediksi Pergerakan IHSG (Forum)

Dear investor dan juga kawan-kawan trader, melalui forum ini penulis mengajak anda untuk berbagi pandangan anda terkait bagaimana kira-kira pergerakan IHSG kedepannya, baik dalam jangka pendek (1 – 2 bulan kedepan) maupun jangka panjang (1 tahun kedepan), baik itu dilihat dari sisi fundamental, teknikal, ataupun perkembangan ekonomi makro nasional, atau sesuai spesialisasi anda saja. Misalnya jika anda adalah seorang technicalist, maka anda bisa memaparkan prediksi dan analisis anda dari sisi teknikal.

Pergerakan IHSG setahun terakhir hingga hari ini. Klik untuk memperbesar

Anda bisa menuliskan analisis anda melalui kolom komentar dibawah, jangan lupa sebutkan nama atau minimal nickname anda dibawahnya. Anda juga boleh mengomentari analisis yang dibuat oleh teman yang lain, tentunya dengan bahasa yang baik. Tujuan penulis membuat forum ini adalah agar analisis yang anda paparkan bisa menjadi pencerahan bagi kawan-kawan investor/trader lainnya.

Demikian, terima kasih atas kontribusinya :)

Salam,
Teguh
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin

11 komentar:

Martinus Johan Wahyudi mengatakan... Balas

Pada bulan maretm, market outlook 2013 di Danareksa kemarin.

Saya memberikan pertanyaan bagaimana situasi ekonomi di akhir 2013 dan 2014. Kunci ekonomi yang saya sampaikan adalah isu BBM yang memang sudah panas di awal 2013 lalu.

Saya menanyakan apakah:
- tidak menaikkan BBM menjadi solusi mengatasi defisit
- vice versa, dampak BBM bila dinaikkan.

Saya waktu bulan maret lalu, tidak seoptimis analis danareksa tersebut. Karena bagaimanapun hebatnya ekonomi Indonesia, BBM merupakan pedang bermata dua.

Kesimpulan saya waktu itu adalah IHSG tidak akan bisa mempertahankan kenaikan luar biasa di 2010-2012. Tapi saya tidak tahu seberapa besar dampaknya.

Saya paling wanti-wanti kalo situasi ekonomi domestik yang dominan di IHSG dibandingkan isu eksternal yang terkait amerika dsb.

Anonim mengatakan... Balas

dalam 2-3 bulan sepertinya IHSG akan terjun lebih dalam lagi, apalagi waktu penggantian gubernur Fed sdh semakin dekat...

Anonim mengatakan... Balas

IHSG bakal 3500. BKSL bakal turun ke 180.. Sell skrg dan go away sampai desember. Ekonomi kita lampu merah. Asing masih akan jualan terus sampe desember minimal. Paket pemerintah itu ga nolong. Ud telat ga ada artinya lagi. Genjot ekspor tp ga laku. Amrik, eropa lg jelek; China lg soft landing barang ga akan laku d pasar luar negeri. Defisit neraca bakal membesar. GDP growth bakal hanya 5,5% tahun ini. Rupiah akan terus melemah sampai 12rb minimal sebelum stabil. Demi porto masing" sebaiknya hindari dulu saham, masuklah ke deposito untuk jangka pendek mumpung bunga lg tinggi. Thx... Thomas

AMJ mengatakan... Balas

Saya setuju IHSG masih akan terjun lebih dalam. Minimal sampai 3900.

September peraturan Uang Muka Properti (LTV) Akan Berlaku. Kemungkinan Tapering QE juga bulan September. Jatuh Tempo utang swasta dan BUMN dalam dolar juga bulan September. Jadi dolar masih akan terbang paling tidak sampai 12.000.

Kenaikan dolar baru akan terasa sekitar 3 bulan, harga produk menjadi mahal, otomotif, farmasi, consumer. Emiten dengan utang dolar seperti properti dan farmasi akan terpukul penjualan dan pendapatannya. Sedangkan jika BI menaikkan suku bunga, NPL (Kredit Macet) akan mulai terjadi sehingga mempengaruhi Perbankan.

Kemungkinan IHSG baru akan rebound dan mulai stabil Desember saat penurunan jumlah Lot dari 500 ke 100 dan Buyback mulai berjalan. Tetapi juga bisa menjadi bumerang, seperti TLKM yang akan stock split 1:5 pada 28 Agustus, bayangkan 1 Desember penurunan lot akan terjadi sehingga otomatis split 1:5 lagi, akhirnya TLKM akan total split 1:25, akan menjadi saham gorengan :) CMIW.

Tapi saya kira sudah bisa mulai cicil saham sejak sekarang, tetapi belum lebih dari 25% porto, paling tidak menunggu bulan September. Hindari dahulu emiten dengan hutang dolar yang besar.

Anonim mengatakan... Balas

Apakah indeks turun atau naik, sepertinya tidak ada yang bisa me-ramalkannya 100%. Beberapa inspiring quotes dari Warren Buffett:

"We have long felt that the only value of stock forecasters is to make fortune-tellers look good. Even now, Charlie (Munger) and I continue to believe that short-term market forecasts are poison and should be kept locked up in a safe place, away from children and also from grown-ups who behave in the market like children."

"A prediction about the direction of the stock market tells you nothing about where stocks are headed, but a whole lot about the person doing the predicting."

Beberapa inspiring quotes Warren Buffett yang lainnya:

"The best thing that happens to us is when a great company gets into temporary trouble… We want to buy them when they're on the operating table."

"Do not take yearly results too seriously. Instead, focus on four or five-year averages."

"Focus on return on equity, not earnings per share."

"Look for companies with high profit margins."

Dan last but not least, juga dari Warren Buffett:

"No matter how great the talent or efforts, some things just take time."

"Most people always expect that if they are buying a stock, then in the next day the stock would soar 5% or more. While me, I understand enough that consistent profit in the long run is far better than big profit in short time. If you’re trying to jump every day, then sometime you may fall on the ground. But if you just step over and keep walking, then it is always easier to do."

Anonim mengatakan... Balas

IHSG turun tajam, trader cut loss, emiten bursa untung besar dapat uang cut los, ngapain beli saham dapat apa loe sampai tua ya tetap kalah ...

Anonim mengatakan... Balas

Ihsg bakalan naik sampai menjelang pemilu 2014 cause disinilah cara menghasilkan uang cepat biat dana pemilu

Rizal mengatakan... Balas

ihsg akan popularitas lagi jelang pemilu presiden apalagi sekarng ini pemilu presiden marak lagi karena ada farhat abas juga lho.

Anonim mengatakan... Balas

kalo dilihat dari technical analysis dgn menggunakan elliot wave data monthly satu dasa warsa (2003 -2013) terlihat bahwa saat ini index menuju wave b dan kemudian akan ke wave c (2500-3000) bahkan jika kondisi perekomomian memburuk bisa ke area 2000-an.

sepertinya para elite politik sdg kebingungan mencari dana segar buat partai mereka, setelah tempat bermain mereka (komoditi) diobok2 kpk,mereka kembali menggunakan cara lama yaitu penciptaan kondisi resesi ekonomi (bubble economic) sehingga menciptakan produk bailout yg dilegalkan konstitusi demi mendapatkan dana segar buat partai mereka, so it's all bout money...

Haikal Maulana mengatakan... Balas

@Haikal Maulana

Ulasan Yang tepat. Saat ini dolar udh tembus 12200 an, berdasarkan Alligator, ihsg msh dibawah mulut buaya, tp sudah ada kecenerungan sideways buat desember, akhir taun mungkin msh akan turun tipis, support resist 4170-4230 an, tekanan pemilu nampaknya sudah mulai reda, kalau politik stabil berdasarkan fibonacci mungkin akan menguat di rentang 4500-4700an. Kecuali pemerintah radikal membabat defisit transaksi berjalan...

Salam hormat dari Karawang...
Salam buat trader seluruh indonesia

Anonim mengatakan... Balas

Ihsg akan terkoreksi sedikit menjelang pemilu dan akan naik sampai 2 kali lipat high terakhirnya, dlm 3 tahun kedepan