Jadwal Seminar Value Investing: Cara Santai dalam Menghasilkan Profit dari Pasar Saham, Surabaya, 20 Januari 2018. Keterangan selengkapnya baca disini.

Filosofi Investasi TeguhHidayat.com

Seperti juga website lain pada umumnya, TeguhHidayat.com memiliki logo. Dan logo yang penulis desain sendiri dibawah ini, memiliki makna sebagai berikut:


Warna hijau, melambangkan pertumbuhan, layaknya sebuah pohon yang tumbuh dan menghasilkan buah yang bermanfaat. Dalam hubungannya dengan dunia pasar saham, warna hijau juga melambangkan profit.

Warna biru, yang merupakan warna samudera dan langit, melambangkan ketenangan jiwa, pikiran yang fokus serta stabil. Warna biru juga melambangkan sikap bijaksana, integritas, serta kepercayaan atau trust, dimana kesemuanya merupakan modal penting bagi siapapun untuk bisa sukses dalam bidang apapun, termasuk modal penting bagi investor untuk bisa sukses di pasar modal.

Warna hijau diletakkan didepan warna biru, bermakna bahwa profit, pertumbuhan aset yang konsisten, serta memberikan manfaat bagi orang banyak merupakan tujuan semua investor, dan untuk mencapai itu maka dibutuhkan ketenangan jiwa, fokus, serta kebijksanaan.

Kedua warna merupakan warna cerah/warna terang, melambangkan good mood, happiness, serta keceriaan. Seorang investor sejati adalah merupakan pribadi yang menyenangkan, kalem, dan selalu ceria dalam menjalankan aktivitasnya di stock market maupun kehidupan sehari-hari, dan tidak mudah panik ataupun terjebak dalam nafsu serakah.

Font yang dipilih merupakan font bold, bulat, dan ‘gemuk’, melambangkan bahwa investor itu gemuk dalam artian they are rich, baik itu secara mental maupun finansial. Bentuk font juga cenderung informal dan sedikit kekanak-kanakan, yang menggambarkan keseharian seorang investor yang senantiasa santai dan always having fun.

Font latin pada ‘.com’, bermakna bahwa website ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan tentang kebijaksanaan dalam berinvestasi, inspirasi, hingga pencerahan bagi semua orang. Dalam hal inilah seorang investor menjadi memiliki peran dan memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. Warna hitam melambangkan elegan, formalitas, serta prestise, dimana dalam blog ini kami benar-benar hanya berbagi tentang ‘investasi saham’ dan bukannya spekulasi, ‘cara cepat kaya dari saham’, atau semacamnya. Shadow warna hijau kebiru-biruan bermakna bahwa kami berharap para pembaca blog ini bisa memperoleh manfaat berupa pengetahuan serta wisdom dalam berinvestasi, yang pada akhirnya menghasilkan profit riil dari investasi saham itu sendiri.

‘Patience Makes Difference’


Patience makes difference, adalah slogan milik penulis (Teguh Hidayat), serta merupakan official slogan dari Avere Investama. Slogan yang sangat sederhana ini boleh dibilang memiliki sejuta filosofi serta makna, namun kami akan mencoba menjelaskannya secara singkat disini:

Patience, atau kesabaran, merupakan salah satu ilmu tertinggi yang bisa dikuasai oleh seseorang. Dan khususnya di pasar saham, ini adalah senjata rahasia seorang investor. Warren Buffett sendiri pernah mengatakan bahwa, ‘Pasar modal adalah alat untuk memindahkan uang dari mereka yang tidak sabar, ke mereka yang mampu bersabar’. Kesabaran itu mudah untuk diucapkan tapi amat sangat sulit untuk diterapkan. Faktanya pasar saham selalu dipenuhi oleh orang-orang yang tidak sabaran, yang selalu mengharapkan profit instan dari saham yang mereka beli, dan mereka yang bisa menerapkan ‘ilmu sabar’ ini jumlahnya sangat minoritas.

Namun bagi mereka yang memiliki ‘senjata rahasia’ ini, maka hasilnya akan luar biasa. Seorang investor yang patient akan berbeda dalam hampir segala aspek dengan kebanyakan orang lainnya di pasar saham. Mereka akan selalu bersikap tenang, kalem, lebih suka menghabiskan waktunya untuk berpikir dan menganalisis ketimbang tenggelam dalam hiruk pikuk pasar, tidak pernah 'terjebak' didepan monitor untuk melihat naik turunnya harga saham seharian seperti yang kebanyakan dilakukan orang lain, tidak pernah ‘gatal’ untuk membeli atau menjual saham setiap hari, tidur nyenyak di malam hari, senantiasa sehat serta awet muda, dan yang terpenting, mereka kaya tidak hanya secara finansial, tapi juga secara mental. Yup, seorang investor sejati hanya tertarik pada pertumbuhan aset secara konsisten dalam jangka panjang ketimbang melakukan spekulasi berisiko demi mengejar profit instant, sekali lagi, seperti yang kebanyakan dilakukan orang lain.

So yes, patience makes difference. Kesabaran menghasilkan perbedaan. Investor yang mampu bersabar akan menjadi berbeda dalam artian yang positif, dibanding kebanyakan orang lainnya di pasar saham. Pertanyaannya sekarang, apakah anda juga merupakan salah seorang diantaranya? :)

Jakarta, 11 Januari 2018
Teguh Hidayat
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin