Buku Kumpulan Analisis Saham-saham Pilihan Edisi Kuartal I 2017 sudah terbit! Anda bisa memperolehnya disini.

Video Seminar


Dear investor, berikut ini adalah video seminar penulis yang berjudul 'What if Warren Buffett Invests in Indonesia', yang dibuat pada bulan Oktober 2012, di Jakarta. Dengan video ini, maka diharapkan bahwa penulis bisa sharing seminarnya secara online, dan anda bisa menontonnya dimanapun anda berada.

Hanya saja, penulis mohon maaf karena kualitas videonya ternyata tidak cukup bagus, karena beberapa hal:
  1. Berbicara di depan kamera ternyata tidak segampang berbicara di depan audiens. Dalam beberapa potongan video, penulis masih kaku dan terbata-bata dalam menyampaikan materi seminarnya.
  2. Terkait poin no. 1, sebenarnya (menurut juru kameranya) itu hal yang biasa, bahkan bagi presenter profesional sekalipun. Dan itu sebabnya dalam setiap pembuatan video, pengambilan gambar untuk satu adegan bisa dilakukan beberapa kali hingga diperoleh hasil gambar yang sempurna. Sayangnya, karena materi seminarnya cukup banyak sehingga waktunya sempit, maka hampir semua adegan dalam video ini diambil hanya dalam satu kali pengambilan gambar saja.
  3. Videonya kurang interaktif dan terkesan monoton, terutama karena kameranya hanya satu (seharusnya minimal dua, agar pengambilan gambar bisa dilakukan dari dua sudut)
  4. Terjadinya penurunan resolusi video karena agar bisa di-upload ke Youtube, menyebabkan kualitas gambar videonya menjadi menurun dan tidak setajam video aslinya.
  5. Tata pencahayaan untuk pengambilan gambarnya sama sekali tidak bagus.
Meski demikian, videonya biar bagaimanapun sudah jadi, sehingga sayang juga kalau nggak di-share. Kedepannya penulis akan membuat lebih banyak lagi video-video serupa, dengan materi seminar yang berbeda. Dan mudah-mudahan video berikutnya akan memiliki kualitas yang lebih baik.

Enjoy!

Salam,
Teguh










Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin