Buletin Analisis IHSG & Stockpick Saham edisi Desember 2016 sudah terbit! Anda bisa langsung memperolehnya disini, gratis konsultasi tanya jawab saham untuk member, langsung dengan penulis.

Ilustrasi Cara Kerja Paket Bailout Yunani

Bagaimana cara kerja Bailout Yunani? Berikut ilustrasinya. Tulisan ini bukanlah milik penulis, melainkan hasil nemu di internet (entah siapa yang nulis). Namun berhubung tulisan ini sangat menarik untuk dibaca, maka penulis jadi pengen juga meng-share-nya disini. Okay, here we go!

Hari itu adalah hari yang lesu bagi hampir semua orang di sebuah kota kecil di Yunani. Hujan turun dengan deras, dan jalan-jalan sepi dari penduduk. Itu adalah saat-saat yang sulit, semua orang terlilit hutang yang tidak mampu mereka bayar.

Kemudian, seorang turis kaya asal Jerman mengendarai mobilnya melewati kota tersebut, dan memutuskan untuk bermalam disana. Dia mampir ke hotel setempat, dan mengatakan kepada pemilik hotel bahwa dia akan mengecek kondisi kamar di lantai atas sebelum memutuskan apakah dia akan bermalam disitu atau tidak. Untuk membuktikan bahwa dia sanggup membayar sewa kamar, turis Jerman tersebut meletakkan selembar uang senilai 100 Euro di meja resepsionis.

Uang 100 Euro. Sumber: pixabay.com

Pemilik hotel memberikan kunci kamar kepada sang turis. Dan segera setelah si turis menaiki tangga ke lantai dua, dia mengambil uang 100 Euro tersebut, kemudian bergegas ke tukang daging sebelah untuk membayar hutangnya ke tukang daging tersebut.

Si tukang daging lalu menggunakan uang 100 Euro tersebut untuk membayar hutangnya ke peternak babi. Peternak babi menggunakan uang 100 Euro tersebut untuk membayar hutangnya ke petani yang menyediakan pakan ternak.

Si petani menggunakan uang 100 Euro tersebut untuk membayar hutangnya ke sebuah warung tempat dia biasa makan dan minum bir. Pemilik warung menggunakan uang 100 Euro tersebut untuk membayar hutangnya ke seorang pekerja seks komersial langganannya. Dan si PSK kemudian segera berlari ke sebuah hotel yang biasa dia gunakan untuk melayani tamunya, untuk membayar hutangnya sebesar 100 Euro kepada pemilik hotel. Hotel tersebut adalah hotel yang dikunjungi oleh turis Jerman tadi.

Pemilik hotel kemudian meletakkan kembali uang 100 Euro tersebut di meja resepsionis. Beberapa saat kemudian, si turis turun dari tangga dan mengatakan bahwa dia tidak jadi menginap karena kondisi kamar hotelnya tidak cukup layak. Dia mengambil kembali uang 100 Euro tersebut, dan segera pergi meninggalkan kota.

Nah, tidak ada seorangpun di kota itu yang memproduksi atau menjual sesuatu. Tidak ada seorangpun yang meraup sejumlah uang. Namun, seluruh penduduk kota kini terbebas dari hutang, dan mereka kemudian menjadi lebih optimis dalam menatap masa depan.

Dan begitulah, saudara-saudara, cara kerja dari paket bailout Yunani, and it works!

Well, apa komentar anda? Kalau di Indonesia sendiri, apakah pernah juga terjadi hal yang sama?
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin

6 komentar:

Anonim mengatakan... Balas

Tolong dibahas IPO Bank Jatim Pak Teguh. Terakhir batas pesan hari Senin pagi. Terima kasih.

Anonim mengatakan... Balas

Brilliant Mas, cuma agak bingung aja kok si psk ngutang sama hotel? hehehehe

Anonim mengatakan... Balas

kl dr ilustrasi di atas seluruh hutang bs terhapus, tp hal itu nampaknya bs terjadi kalau alur hutang-piutang terjadi secara melingkar, namun bgmn bila kreditur terakhir sm sekali tdk berhutang dan debitur pertama (pemilik hotel) tidak memiliki piutang? hal ini brarti pemilik hotel tdk memiliki 100 dolar utk dikembalikan pada turis.. bgmn pandangannya mas teguh?

Anonim mengatakan... Balas

Mengerikan... Karna tidak ada pertumbuhan ekonomi. Okela utang terhapus, setelah uang 100 dollar dibawa orang Jerman, Yunani ngutang lagi donk biar ekonominya jalan?? Gitu seterusnya...

Trus, kenapa orang Jerman? Kesengajaan atau ada maksud tertentu.. makasih.

Anonim mengatakan... Balas

ini namanya permainan persepsi... Dari awal hingga akhir sudah diarahkan tampak wah... Yang harus diliat itu bagaimana Yunani bs seproduktif pemilik hotel ada pelanggan tetapnya seperti PSK... Kalau Yunani ternyata ga produktif, bagaimana dia bs mengembalikan kepada calon tamu seperti si pemilik hotel?

Anonim mengatakan... Balas

Ha....ha.....ha....! Setuju ! Nah mau tau cerita lanjutannya.......! Karena sipemilik hotel memiliki pengalaman tsb! Kemudian si pemilik hotel berhutang lagi ke penjual daging, dan mengatakan nanti ada turis lewat lagi bakal bayar 100 Euro. Percayalah si penjual daging, demikian pula sipenjual daging hutang lagi ke peternak babi dan seterusnya ! Makanya Yunani bakal ngga sembuh-2 ! Ciamikkkk ceritanya !!!!