Buletin Analisis IHSG & Stockpick Saham edisi Desember 2016 sudah terbit! Anda bisa langsung memperolehnya disini, gratis konsultasi tanya jawab saham untuk member, langsung dengan penulis.

Seminar Oktober

Dear investor, penulis menyelenggarakan seminar edukasi saham di Jakarta, yang kali ini akan membahas lebih dalam soal nilai intrinsik saham, alias masih sama seperti materi di seminar sebelumnya pada bulan Juli lalu, hanya saja ditambah materi terkait fluktuasi dan koreksi IHSG, yang belakangan ini sedang terjadi.

Berikut adalah sedikit dokumentasi dari acara sebelumnya waktu bulan puasa kemarin di Bandung. Mohon maaf kualitas gambarnya seadanya karena ngefotonya cuma pake hape doang.





Dan berikut ini adalah kisi-kisi materi untuk seminar kali ini.

A. Nilai intrinsik saham. Warren Buffett pernah mengatakan bahwa salah satu kriterianya dalam memilih saham/perusahaan untuk dibeli/diakuisisi adalah adanya harga yang jelas, dan dia tidak tertarik untuk ikut lelang. Maksudnya adalah, Buffett hanya mau membeli saham yang harganya wajar, atau kalau bisa undervalue, yaitu lebih rendah dari nilai intrinsiknya. Nah, bagi investor kebanyakan, terkadang kesulitannya adalah terkait bagaimana cara untuk menentukan nilai intrinsik/harga wajar saham tersebut. Karena itulah, di seminar kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghitung nilai intrinsik, bagaimana cara menyeleksi saham yang bisa dihitung nilai intrinsiknya, hingga faktor-faktor eksternal yang juga harus diperhatikan. Plus, penulis juga akan meng-share beberapa saham yang menurut penulis memiliki nilai intrinsik yang menarik.

B. Setelah saya mengetahui harga wajar sebuah saham adalah sekian, selanjutnya apa? Yap, pertanyaan ini penting untuk dijawab mengingat ketika kita mengetahui bahwa nilai intrinsik dari saham A adalah sekian, dan harganya pada saat ini ternyata lebih rendah dari nilai intrinsiknya tersebut, maka itu bukan berarti saham A tersebut akan langsung naik keesokan harinya. Menghitung valuasi intrinsik saham adalah salah satu metode dasar dalam berinvestasi jangka panjang, sehingga di sesi ini kita akan membahas mengenai tips-tips dan cara-cara untuk berinvestasi jangka panjang.

C. Belajar dari Annual Letter Warren Buffett. Anda mungkin sudah sering membaca tulisan tentang Warren Buffett, namun pernahkah anda membaca tulisan yang ditulis oleh Buffett sendiri? Buffett memulai karier-nya sebagai fund manager pada tahun 1956, dan sejak itu ia rutin menulis surat tahunan (Annual Letter) tentang kegiatan investasinya, termasuk bagaimana metode investasinya, kepada para partnernya minimal setahun sekali. Penulis kebetulan sudah membacanya, dan dari situ ada banyak pelajaran yang bisa dipetik seperti: 1. Filosofi investasi ala Buffett, yang menjadikannya sukses seperti sekarang ini, 2. Metode investasi dan pemilihan sahamnya, dan 3. Cara untuk mengatasi koreksi/penurunan pasar, dalam hal ini penurunan Dow Jones (kalau di Indonesia, penurunan IHSG). Dan dalam seminar kali ini, kita akan membahas paling tidak ketiga poin tersebut.

Okay, berikut keterangan mengenai acaranya:

  • Tempat: Amaris Hotel Thamrin City, Mall Thamrin City Lantai 6, Jakarta Pusat
  • Hari/Tanggal: Sabtu, 12 Oktober 2013
  • Waktu: Pukul 11.00 s/d 16.00 WIB. Jika nanti ada banyak pertanyaan setelah penyampaian materi seminarnya (di akhir acara akan diadakan sesi tanya jawab dan diskusi bebas), maka acaranya bisa diperpanjang sampai pukul 17.00.
  • Fasilitas untuk peserta: Softcopy materi seminar, makan siang plus satu kali coffee break
  • Catatan: Harap hadir setengah jam sebelum acaranya dimulai, yang itu berarti pukul 10.30 pagi

Keterangan mengenai lokasi: Amaris Hotel menawarkan lokasi yang strategis, ruang seminar yang nyaman, lega, dan adem, menu makan siang dan coffee break standar hotel, serta biaya sewa ruang yang terjangkau (saya sudah survey, hotel yang lain rata-rata cukup mahal). Jadi kemungkinan kedepannya saya akan pakai tempat ini terus. Lokasinya di Mall Thamrin City, sekitar 150 meter dari Bundaran HI. Jika anda hafal dengan Mall Grand Indonesia, maka Mall Thamrin City ini persis dibelakangnya. Amaris Hotel sendiri terletak di lantai 6, dan anda bisa parkir langsung di lantai 6 tersebut (Begitu memasuki gedung Thamrin City, bilang aja ke petugasnya mau ke Hotel Amaris). Keterangan selengkapnya klik http://amarishotel.com/amaris-thamrincity/meeting.php.

Biaya untuk ikut acara ini adalah Rp400,000 per orang. Dan berikut cara daftarnya:

1. Lakukan payment melalui transfer:
Bank Mandiri no rek 132.000.7062087 a/n Teguh Hidayat, atau
Bank BCA no rek 139.229.1118 a/n Teguh Hidayat.

2. Segera kirim email ke teguh.idx@gmail.com dengan subjek ‘Daftar Seminar’, dan isi: Nama lengkap anda, nama bank tujuan transfer. Contoh: Gareth Frank Bale, BCA. Anda nggak perlu kirim bukti transfer, karena penulis bisa langsung mengecek transferan anda melalui internet banking.

3. Anda akan menerima email konfirmasi bahwa pembayaran anda sudah diterima, dan bahwa anda sudah terdaftar sebagai peserta seminar. Selanjutnya, anda bisa datang ke lokasi acara pada waktu yang sudah ditetapkan (sehari sebelum acaranya, saya akan mengirim email reminder untuk mengingatkan anda soal acara ini).

4. Jika anda mendaftar namun ternyata pesertanya sudah penuh, maka uang anda akan dikembalikan (ditransfer balik).

Demikian, sampai jumpa di lokasi!

Bonus: Untuk gambaran lebih lanjut tentang materi seminarnya nanti, terutama yang poin C, anda bisa mendownload Annual Letter Warren Buffett dalam Bahasa Indonesia (saya sendiri yang menterjemahkan) di link ini. Gratis! Jika anda tidak bisa mendownloadnya, anda bisa kirim email ke teguh.idx@gmail.com dengan subjek ‘Buffett Annual Letter’, dan saya akan mengirim file-nya ke alamat email anda. Tidak ada biaya untuk ini, tetap gratis.

Keterangan lebih lanjut mengenai acara ini bisa hubungi Miss Nury di no telp/SMS 081220445202 dan Pin BB 2850E045. Untuk saat ini saya belum memiliki rencana untuk menyelenggarakan acara serupa di luar Jakarta.

Update: Berhubung sekarang sudah hari Jumat, maka pendaftarannya resmi ditutup.
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin

5 komentar:

Anonim mengatakan... Balas

di tunggu seminarnya di surabaya pak

Anonim mengatakan... Balas

salut pak teguh

anda mentransalte annual letter buffet

sebuah maha karya dari analis saham independen

saya sudah memprintnya pak

sekedar saran bagi yg mamu print
nanti tambahkan daftar isi berdasarkan tahun,
baru lalu dijilid.


ow ya pak teguh judul postingnya jangan seminar oktober

diganti saja pak, menjadi

seminar oktober + translate annual letter warren buffet

Anonim mengatakan... Balas

Download dari Ziddu.com menyertakan software tertentu ini Pak. Jadi terpaksa saya batalkan takut malware.

Teguh Hidayat mengatakan... Balas

Ziddu emang suka begitu pak, tapi saya nggak tau harus pake website mana lagi untuk meng-upload file tersebut. Makanya saya katakan, jika anda nggak bisa men-download-nya dari Ziddu, anda bisa kirim email ke teguh.idx@gmail.com, dan nanti file-nya akan saya kirim via email. Thanks

Anonim mengatakan... Balas

Alexander: Hi Pak, bisa bahas ObamaCare dan dampaknya ke USA Debt Ceiling? Terus imbas ke IHSG juga.. Terimakasih