Buletin Analisis IHSG & Stockpick Saham edisi Desember 2016 sudah terbit! Anda bisa langsung memperolehnya disini, gratis konsultasi tanya jawab saham untuk member, langsung dengan penulis.

Seminar Nilai Intrinsik

Dear investor, penulis menyelenggarakan seminar edukasi saham di Jakarta, dengan tema menghitung nilai intrinsik/harga wajar saham. Berikut keterangan selengkapnya:

Berikut adalah rekaman suara penulis (rekaman suara, bukan video) ketika mengisi seminar sebelumnya. Durasi rekamannya 45 menit, sementara total seminarnya lebih dari 4 jam, sudah termasuk sesi tanya jawab:


Dan berikut ini adalah kisi-kisi materi untuk seminar kali ini.

A. Nilai intrinsik saham. Warren Buffett pernah mengatakan bahwa salah satu kriterianya dalam memilih saham/perusahaan untuk dibeli/diakuisisi adalah adanya harga yang jelas, dan dia tidak tertarik untuk ikut lelang. Maksudnya adalah, Buffett hanya mau membeli saham yang harganya wajar, atau kalau bisa undervalue, yaitu lebih rendah dari nilai intrinsiknya. Nah, bagi investor kebanyakan, terkadang kesulitannya adalah terkait bagaimana cara untuk menentukan nilai intrinsik/harga wajar saham tersebut. Karena itulah, di seminar kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghitung nilai intrinsik, bagaimana cara menyeleksi saham yang bisa dihitung nilai intrinsiknya, hingga faktor-faktor eksternal yang juga harus diperhatikan. Plus, penulis juga akan meng-share beberapa saham yang menurut penulis memiliki nilai intrinsik yang menarik.

Catatan: Materi tentang nilai intrinsik ini sudah lebih diperbaiki/dilengkapi setelah beberapa waktu terakhir ini penulis banyak menghabiskan waktu untuk membaca buku The Intelligent Investor dan Security Analysis karya Benjamin Graham. Anda juga bisa memperoleh bukunya disini, gratis!

BBelajar dari Annual Letter Warren Buffett. Anda mungkin sudah sering membaca tulisan tentang Warren Buffett, namun pernahkah anda membaca tulisan yang ditulis oleh Buffett sendiri? Buffett memulai karier-nya sebagai fund manager pada tahun 1956, dan sejak itu ia rutin menulis surat tahunan (Annual Letter) tentang kegiatan investasinya, termasuk bagaimana metode investasinya, kepada para partnernya minimal setahun sekali. Penulis kebetulan sudah membacanya, dan dari situ ada banyak pelajaran yang bisa dipetik seperti: 1. Filosofi investasi ala Buffett, yang menjadikannya sukses seperti sekarang ini, 2. Metode investasi dan pemilihan sahamnya, dan 3. Cara untuk mengatasi koreksi/penurunan pasar, dalam hal ini penurunan Dow Jones (kalau di Indonesia, penurunan IHSG). Dan dalam seminar kali ini, kita akan membahas paling tidak ketiga poin tersebut.

Setelah mengikuti acara ini, anda diharapkan:
  1. Mengetahui cara menghitung nilai intrinsik, menentukan margin of safety, dan menerapkannya dalam kegiatan investasi anda.
  2. Lebih tenang dan fokus dalam setiap pengambilan keputusan karena anda mengetahui bahwa anda membeli saham yang bagus dan murah, dan
  3. Mampu meraih keuntungan jangka panjang yang konsisten.
Okay, berikut keterangan mengenai acaranya:

  • Tempat: Amaris Hotel Thamrin CityMall Thamrin City Lantai 6, Jln. Thamrin Boulevard, Jakarta Pusat (sekitar 150 meter dari Bundaran HI)
  • Hari/Tanggal: Sabtu7 Desember 2013
  • Waktu: Pukul 11.00 s/d 16.00 WIB. Jika nanti ada banyak pertanyaan setelah penyampaian materi seminarnya (di akhir acara akan diadakan sesi tanya jawab dan diskusi bebas), maka acaranya bisa diperpanjang sampai pukul 17.00.
  • Fasilitas untuk peserta: Softcopy materi seminar, makan siang plus satu kali coffee break
  • Catatan: Harap hadir setengah jam sebelum acaranya dimulai, yang itu berarti pukul 10.30 pagi

Biaya untuk ikut acara ini adalah Rp400,000 per orang. Dan berikut cara daftarnya:

1. Lakukan payment melalui transfer:
Bank Mandiri no rek 132.000.7062087 a/n Teguh Hidayat, atau
Bank BCA no rek 139.229.1118 a/n Teguh Hidayat.

2. Segera kirim email ke teguh.idx@gmail.com dengan subjek ‘Daftar Seminar’, dan isi: Nama lengkap anda, nama bank tujuan transfer. Contoh: Gareth Frank Bale, BCA. Anda nggak perlu kirim bukti transfer, karena penulis bisa langsung mengecek transferan anda melalui internet banking.

3. Anda akan menerima email konfirmasi bahwa pembayaran anda sudah diterima, dan bahwa anda sudah terdaftar sebagai peserta seminar. Selanjutnya, anda bisa datang ke lokasi acara pada waktu yang sudah ditetapkan (sehari sebelum acaranya, saya akan mengirim email reminder untuk mengingatkan anda soal acara ini).

4. Jika anda mendaftar namun ternyata pesertanya sudah penuh, maka uang anda akan dikembalikan (ditransfer balik).

Demikian, sampai jumpa di lokasi!

Ada yang mau ditanyakan terlebih dahulu? Anda hubungi Miss Nury di no telp/SMS 081220445202 atau Pin BB 2850E045.
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin

5 komentar:

Anonim mengatakan... Balas

Pak Teguh,
Kapan bisa mengadakan seminar seperti ini di Surabaya / Jawa Timur ?

adie.krisnanto mengatakan... Balas

Bikin acara seperti ini di Bali donk Pak.. :)

4 mengatakan... Balas

Iya pak ditunggu d bali ,peserta d jatim juga bisa llbh deket... Mungkin bisa di survey dulu pesertanya ... :)

riky8022 mengatakan... Balas

pak, mohon juga acaranya di gelar di padang sumatera barat. disini juga banyak investor baru yang butuh belajar dari bpk.

Obet Cahyono mengatakan... Balas

Di semarang pakk