Ebook Kumpulan Analisa 30 Saham Pilihan edisi Kuartal III 2019 sudah terbit! Dan anda bisa memperolehnya disini. Info lebih lanjut, telp/whatsapp 0813-1482-2827 (Yanti).

Terjemahan Buffett Annual Letter

Dear investor, dalam beberapa tahun terakhir, penulis membuat buku yang berisi terjemahan kumpulan annual letter alias surat tahunan oleh Warren Buffett sejak ia membuka Buffett Partnership, tahun 1956, hingga partnership tersebut ditutup pada tahun 1969 (memasuki tahun 1970 dan seterusnya, WB kemudian fokus di Berkshire Hathaway). Dalam annual letter tersebut WB banyak memberikan wisdom dan filosofinya tidak hanya dalam berinvestasi, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang investor itu sendiri. Kumpulan annual letter ini sangat penting untuk kita baca, karena dari sini kita akan seperti belajar langsung dari WB itu sendiri (jadi beda dengan buku-buku tentang WB yang ditulis orang lain, annual letter ini ditulis langsung oleh WB). Beberapa materi penting yang bisa kita peroleh adalah:
  1. Perbandingan kinerja investor individu dengan kinerja perusahaan reksadana, dimana  untuk kinerja reksadana, analoginya adalah seperti bebek yang mengapung di kolam.
  2. Apakah kita harus selalu berinvestasi untuk jangka panjang? Tidak, karena WB sering juga beli saham/perusahaan untuk dijual kembali setelah beberapa waktu.
  3. Perbedaan saham murah dengan saham relatif murah, serta yang mana dari kedua jenis saham tersebut, yang lebih baik untuk dibeli.
  4. Apakah arah pasar bisa diprediksi? Jika tidak, lalu bagaimana kita menyikapi jika pasar turun?
  5. Definisi ‘investasi konservatif’ untuk menghindari risiko kerugian.
  6. Strategi diversifikasi yang efektif menghasilkan keuntungan.
  7. Rahasia dibalik ‘bunga berbunga’ (compounding interest)
  8. Jangan ragu untuk menjual, jika ada peluang investasi yang lebih baik di saham lain.
  9. Kenapa kita harus senang jika saham turun?
  10. Filosofi ‘investasi jangka panjang’ menurut Buffett, apa bedanya dengan spekulasi, dan seterusnya.
Screenshot dari delapan halaman pertama isi bukunya. Klik gambar untuk memperbesar

***

Namun seperti yang kita ketahui, WB menulis kesemua annual letter-nya, tentu saja, dalam Bahasa Inggris. Dan karena dalam surat tersebut WB banyak memberikan istilah-istilah tertentu di bidang keuangan, maka untuk bisa menterjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia, seorang penerjemah dituntut tidak hanya menguasai kedua bahasa, tetapi juga cukup menguasai tentang investasi saham itu sendiri, agar benar-benar mengerti apa yang dimaksud oleh WB dalam tulisannya. Jika si penerjemah tidak cukup menguasai tentang investasi saham, maka bisa jadi hasil terjemahannya justru malah bikin bingung.

Karena itulah, penulis kemudian menterjemahkan annual letter Buffett Partnership antara tahun 1956 – 1969, dan tidak hanya menterjemahkan, tapi lebih tepatnya menulis kembali letter tersebut dengan bahasa yang lebih mudah untuk dipahami bahkan bagi investor pemula, tentunya tanpa mengubah arti serta maksud dari kalimat aslinya. Penulis juga menambahkan sejumlah catatan tambahan untuk bagian-bagian tertentu dari letter-nya (dimana catatan tambahan ditulis dari sudut pandang saya sebagai investor, bukan sekedar penerjemah), agar pembaca bisa lebih memahami isi letter-nya secara keseluruhan.

Untuk terjemahan letter tahun 1956 – 1964, anda bisa memperolehnya disini, gratis. Sedangkan untuk terjemahan letter 1965 - 1969, penulis hanya menerbitkannya dalam bentuk cetakan fisik (tebalnya 76 halaman ukuran A4), yang akan dikirim ke alamat rumah/kantor anda. Biayanya Rp175,000, sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Dan berikut cara pesennya:

1. Lakukan payment melalui transfer ke (salah satu):
    Bank BCA no rek 139.229.1118                   Bank BNI no rek 338.434.774
    Bank Mandiri no rek 132.000.7062.087        Bank BRI no rek 0137.0101.0657.539
    semuanya atas nama Teguh Hidayat

2. Segera kirim email ke teguh.idx@gmail.com dengan subjek Terjemahan Buffett Annual Letter (atau cukup 'terjemahan' saja), dan isi: Nama lengkap anda, bank tujuan transfer, alamat lengkap beserta kode pos, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Contoh:
Zinedine Zidane
BCA
Jln. Jend. Sudirman No.1, Jakarta 10220
081122334455
Anda boleh melampirkan bukti transfer, tapi boleh juga tidak, karena kami bisa langsung mengecek transferan anda melalui internet banking.

3. Anda akan menerima email balasan bahwa pembayaran anda sudah diterima, dan bahwa bukunya akan segera dikirim (kami menggunakan JNE/Pos/Tiki). Kemudian besoknya anda akan menerima email sekali lagi yang berisi informasi nomor resi pengiriman bukunya.



***

Demikian, semoga bermanfaat! Ada pertanyaan, boleh telp/Whatsapp 081314822827 (Yanti), atau 081220445202 (Nury). Konfirmasi setelah melakukan pembayaran juga bisa melalui Whatsapp tersebut.

Catatan: Bagi anda yang ingin membaca annual letter versi aslinya dalam bahasa Inggris, maka anda bisa memperolehnya disini (versi ebook). Atau jika anda hendak memperoleh versi buku fisiknya, maka boleh kunjungi link berikut. Penulis juga masih terus melanjutkan menterjemahkan annual letter Berkshire Hathaway untuk tahun 1970 keatas, nanti akan diumumkan lagi di blog ini kalau sudah selesai.
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin