Buletin Analisis IHSG & Stockpick Saham edisi Desember 2016 sudah terbit! Anda bisa langsung memperolehnya disini, gratis konsultasi tanya jawab saham untuk member, langsung dengan penulis.

Pembangunan Infrastruktur Sudah Dimulai!

Sejak beberapa tahun lalu, penulis punya hobi jalan-jalan menelusuri jalanan pedesaan yang belum pernah dilewati sebelumnya, untuk melihat pemandangan dan menghirup udara segar. Dan sore tadi, mumpung lagi nganggur, saya jalan-jalan dari rumah di Bandung ke arah Lembang hingga sampai ke Ciater (Subang), kemudian masuk jalan kecil yang, kalau berdasarkan petunjuk di Google Maps, nanti tembusnya ke Tanjungsari (Sumedang). Sekitar dua puluh kilometer kemudian, penulis menemukan pemandangan yang lumayan bikin kaget. Nih, anda lihat saja sendiri fotonya, klik untuk memperbesar.




Setelah penulis bertanya ke salah seorang pekerja disitu (sayang gak sempat foto bareng, baru kepikiran setelah jalan lagi), dia bilang kalau itu adalah proyek Jalan Tol Cisumdawu, yang akan menghubungkan Cileunyi (Bandung) dengan Kertajati (Majalengka), dan akan langsung nyambung dengan Tol Cikampek - Palimanan (Cipali). Jadi jika nanti jalan tol ini sudah jadi, maka orang-orang dari Bandung/Cileunyi akan bisa langsung ke Cirebon melalui Tol Cisumdawu hingga tembus Cipali (di Kertajati), dan keluar di Palimanan, Cirebon.

Menurut si pekerja tadi, pengerjaan tol Cisumdawu baru dikebut dalam beberapa bulan terakhir, terutama sejak Tol Cipali resmi beroperasi sebelum lebaran kemarin. Padahal setelah penulis googling kemudian, peletakkan batu pertama untuk konstruksi Tol Cisumdawu ini sebenarnya sudah dilakukan pada tahun 2011 lalu, atau pada tahun yang sama ketika Tol Cipali mulai dibangun (selain itu panjang Tol Cisumdawu ini cuma 60 km, gak seperti Cipali yang mencapai 117 km). Anyway, gak apa-apa lah agak terlambat sedikit, yang penting sekarang pembangunannya sudah jalan! Kalau semuanya lancar, maka Tol Cisumdawu ini akan beroperasi tahun 2016 mendatang.

Nah, bagaimana dengan daerah anda sendiri? Apakah disitu juga sudah mulai ada pembangunan infrastruktur?

Pengumuman: Buletin Analisis IHSG & Investment Plan edisi September sudah terbit! Anda bisa memperolehnya disini. Gratis konsultasi saham via email, dan gratis tiga edisi buletin lama (Juni, Juli, dan Agustus) bagi pelanggan baru.
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin

3 komentar:

Sanda Wibowo mengatakan... Balas

kalau hasil jalan2 ke indonesia timur kemaren sih..... banyak yang proyeknya udah mulai pak.... yang saya liat sendiri itu terminal penumpang pelabuhan makassar & surabaya (sumpah keren ada garbarata kayak bandara), Terminal penumpang bandara Domine Eduard Osok sorong, trus manajemen pelayaran PELNI udah banyak perbaikan (kyak awal2 PT KAI era Jonan dulu). Dan yang nyenengin waktu denger proyek tol samarinda-bailikpapan & bandara samarinda baru dilanjutkan setelah mandek bertahun2

halley mengatakan... Balas

kalau di tempat saya di ambon, sekarang lagi dibangun jembatan merah putih (ini sudah dari jaman sby). dan yang baru mulai jaman jokowi itu underpass sudirman.
fotonya gak ada sih, soalnya males jg mau foto nya, tapi desainnya kira2 kayak gini
https://www.youtube.com/watch?v=pzC9z4gi994

yang jembatan tinggal penghubung tengah saja yang belum jadi. underpassnya masih dalam pengerjaan

http://www.infoproyek.com/proyek?id=3924663&proyek=pengawasan_teknis_underpass_sudirman&satker=perencanaan_dan_pengawasan_jalan_nasional_provinsi_maluku&jenisproyek=belum_ditentukan

sekalian mau promosi program "mangente Ambon" (visit ambon)
http://visitambon.info/kalender-mangente-ambon-2015/
bulan ini puncaknya, jadi buat wisatawan yang mau wisata dalam negeri ke ambon silakan datang ya. hehehe

Karim mengatakan... Balas

Di sumut, proyek2 besar pemerintah mulai dikebut spt.proyek sei mangkei, kuala tanjung port yg digadang2 sebagai port terbesar di selat malaka, tol medan-binjai, tol medan-kno-t tinggi, proyek kereta api dibeberapa titik sumut dan aceh , pipa gas belawan-kim-sei mangkei juga uda dimulai merupakan bagian dr arun-Belawan yg sudah selesai, dsb. Kbrnya menteri pu Bapak Basuki dan Ibu Rini bbrp x hadir di tkp memantau langsung tanpa diberitahu sebelum kedatangan mereka sebelumnya. Sebagai investor kita harus optimis ekonomi Indonesia akan melonjak signifikan jika melihat kinerja pemerintah spt ini..jiayu terus pak jokowi dan jajarannya. Investor harus optimis, dulu menteri kerja ga maksimal saja ekonomi tumbuh 6 persen, bukan mustahil pertumbuhan 7% akan segera tiba bbrp thn yg akan datang, ihsg akan nembus new high lg.