Seminar! 1 juni 2013

Dear investor, penulis kembali menyelenggarakan seminar edukasi investasi di Jakarta, yang kali ini akan membahas dua poin pokok. Satu, terkait manajemen psikologis dalam berinvestasi. Dua, penulis akan meng-share metode cepat yang biasa penulis lakukan selama ini dalam melakukan screening (seleksi) saham secara fundamental, untuk menemukan saham-saham bagus yang mungkin masih belum dilirik orang (sehingga kita bisa curi start dengan masuk duluan).

Berikut adalah beberapa foto dari salah satu seminar sebelumnya, klik untuk memperbesar.





Dan berikut ini adalah kisi-kisi materi untuk seminar kali ini (masih sama seperti bulan lalu):

A. Manajemen Psikologis. Kesulitan terbesar seorang investor/trader terkadang bukan terletak pada apakah dia bisa menganalisis saham atau tidak, tetapi terletak pada apakah ia bisa melakukan keputusan pembelian/penjualan saham berdasarkan analisisnya tersebut dengan baik atau tidak, untuk kemudian memperoleh keuntungan dari investasi/tradingnya, atau malah justru rugi. Maksud penulis, menganalisis saham itu gampang. Akan tetapi melakukan eksekusi pembelian atau penjualan saham berdasarkan analisis yang sudah dikerjakan sebelumnya, maka itu beda lagi, karena terdapat unsur psikologis disana.

So, di seminar ini kita akan belajar/diskusi/sharing tentang:

  1. Tips-tips dasar untuk menjadi seorang investor yang baik
  2. Trik psikologis sederhana agar tetap tenang dan berpikir jernih ketika melakukan trading, dan
  3. Manajemen/pengelolaan portofolio secara logis, baik yang dalam posisi cuan maupun rugi.
B. Cara cepat dalam menyeleksi saham secara fundamental. Selama ini, salah satu keluhan teman-teman investor terkait analisis fundamental (fundamental analysis/FA), adalah bahwa FA itu tidak praktis, dimana kita harus mengolah data laporan keuangan dll, dan itu berbeda dengan analisis teknikal (technical analysis/TA) yang bisa langsung dikerjakan dengan membaca grafik/chart pergerakan sahamnya. Padahal kalau anda sudah terbiasa, mengerjakan FA itu sebenarnya cukup mudah dan juga sederhana. Termasuk menyeleksi saham-saham secara fundamental, itu juga bisa dilakukan secara cepat. Nah, jadi disini juga kita akan belajar tentang:

  1. Melakukan seleksi awal secara fundamental dalam pemilihan saham
  2. Melakukan seleksi lebih lanjut
  3. Setelah ketemu sahamnya, selanjutnya menentukan posisi masuk yang ideal, profil risiko, dan alokasi dana
  4. Dan terakhir, execute the plan!
Terkait materi ini, penulis juga akan sharing beberapa pengalaman, baik pengalaman penulis sendiri maupun rekan-rekan investor yang lain, dalam menemukan ‘mutiara terpendam’ di saham.

Bonus: Di sesi akhir seminar kita akan membahas mengenai saham-saham pilihan terbaru, yang sudah penulis seleksi secara fundamental.

Okay, berikut keterangan mengenai acaranya:

  • Tempat: Kantor BNI Securities cabang Central Park, APL Tower Lantai Dasar, Podomoro City, Jln. Jend. S. Parman Kav. 28, Jakarta Barat.
  • Hari/Tanggal: Sabtu, 1 Juni 2013
  • Waktu: Pukul 11.00 s/d 16.30 WIB.
  • Fasilitas untuk peserta: Hardcopy dan softcopy materi seminar,  makan siang, dan coffee break pukul 3 sore.
  • Catatan: Harap hadir setengah jam sebelum acara dimulai.
Biaya untuk ikut acara ini adalah Rp300,000 per orang, sudah termasuk biaya makan siang dan coffee break-nya. Dan berikut cara daftarnya:

1. Lakukan payment melalui transfer:
Bank Mandiri no rek 132.000.7062087 a/n Teguh Hidayat, atau
Bank BCA no rek 139.229.1118 a/n Teguh Hidayat.

2. Segera kirim email ke teguh.idx@gmail.com dengan subjek ‘Daftar Seminar’, dan isi: Nama lengkap anda, nama bank tujuan transfer. Contoh: Gareth Frank Bale, BCA. Anda nggak perlu kirim bukti transfer, karena penulis bisa langsung mengecek transferan anda melalui internet banking.

3. Anda akan menerima email konfirmasi bahwa pembayaran anda sudah diterima, dan bahwa anda sudah terdaftar sebagai peserta seminar. Selanjutnya, anda bisa datang ke lokasi acara pada waktu yang sudah ditetapkan.

Catatan: Jika anda mendaftar namun ternyata pesertanya sudah penuh, maka uang anda akan dikembalikan (ditransfer balik).

Demikian, sampai jumpa di lokasi!

Info acara: Telp/SMS 081220445202, dan Pin BB 2850E045 (Ms. Nury)

Update: Tempatnya sudah penuh! Sampai ketemu lagi di acara seminar berikutnya!

Komentar

ARTIKEL PILIHAN

Live Webinar Value Investing, Sabtu 16 Maret 2024

Ebook Investment Planning Kuartal IV 2023 - Sudah Terbit!

Laporan Kinerja Avere Investama 2022

Peluang dan Strategi Untuk Saham Astra International (ASII)

Indo Tambangraya Megah: Masih Royal Dividen?

Indah Kiat Pulp & Paper (INKP) Bangun Pabrik Baru Senilai Rp54 triliun: Prospek Sahamnya?

Prospek Saham Energi Terbarukan, Kencana Energi Lestari (KEEN)