Tahapan Karier Investor

Tak lama setelah buka rekening di sekuritas

Setelah mengikuti rekomendasi saham A, rekomendasi saham B, beberapa bulan kemudian..

Kemudian cut loss, atau pertama kali melihat saham yang dipegang/IHSG jatuh

Setelah rugi sana sini, sebagian orang mungkin menutup rekeningnya sama sekali. Namun sebagian lagi kembali belajar, baca-baca lagi dari awal tentang analisis fundamental dst.

Kemudian mulai praktek menyusun investment planning miliknya sendiri, menyeleksi saham-saham apa yang akan dibeli, menerapkan diversifikasi dll, berdasarkan ilmu yang sudah diperoleh.

Mulai profit. Terkadang masih suka rugi, tapi lebih sering profit. Nilai porto pelan-pelan mulai naik

Menyetor modal lagi ke sekuritas, sehingga sekarang 'pelurunya' lebih banyak. Selanjutnya rutin menyetor setiap beberapa waktu sekali, dan alhasil nilai porto meningkat lebih cepat lagi.

Profit mulai konsisten, cuek dengan naik turunnya saham, dan lebih santai dalam melakukan analisa serta eksekusi jual/beli saham. Termasuk mau untung atau rugi, udah biasa aja.

And eventually, everyday is a holiday!

Pertanyaannya, anda sekarang berada di tahap yang mana? :D

Sumber gambar: Google Images.

Buletin Analisa IHSG & stockpick saham bulanan edisi Desember 2018 sudah terbit! Anda bisa memperolehnya disini, gratis konsultasi saham untuk member.

Komentar

profit mengatakan…
masih dalam tahap akhir, naik turun bisa santai tetapi belum tiap hari santai karena butuh biaya sekolah 2 anak kuliah. Jadi masih sambil kerja hehehe. One Day saya pasti di gambar yang terkahir
Anonymous mengatakan…
Baru mulai profit pak, krn masih Newbie (tahun pertama). Beruntung bs dapat banyak ilmu dari blog ini .. ;-)
rahim.pom mengatakan…
Sy sdh hampir 2 tahun, sy bersyukur biss kenal pertama kali tulisan soal saham dari pak Teguh. Saya belajar dari tulisan2 pak Teguh. Apakah sekarang sy sudah profit? Keuntungan sy adalah belajar dari waktu ke waktu. Sy memang berniat berinvestasi dgn menabung saham, bukan untuk digunakan dalam 1-2 tahun. Sy cocok dgm penjelasan pak Teguh soal Investor. Namun terus terang, sy masih belum bisa mengendalikan penuh nafsu saya.kalau profit 3-5 % sy gak tahan untuk merealisasikan keuntungan. Uangnya buat average down atau beli saham baru. Sementara kalau nyangkut sampai 30 %pun, sy bisa menahan untuk tdk cutloss. Saya kira sy masih tahap belajar.
Unknown mengatakan…
I just wanna say thanks to you sir... I feel better now...100% investor!!!
Unknown mengatakan…
Alhamdulilah udah tahap yg ke delapan... Walau belum dihantam koreksi IHSG kayak tahun 1998 sih... Hehe
Unknown mengatakan…
Saya mau mendalami dulu pak, supaya percaya diri memulai menjadi seorang investor. Terimakasih artikel di blog ini sangat bermanfaat, akan saya ikuti terus informasinya, sehat selalu Pak Hidayat.
Unknown mengatakan…
Salam kenal pak teguh...saya newbi dan merasa saya beruntung sekali menemukan blog bapak di internet...saya mulai sedikit demi sedikit belajar untuk mengetahui apa saham itu sebenarnya dan setelah membuka situs bapak..saya mendapatkan penerangan dan nasihat2 dr tulisan yang bapak buat dan saya merasa plong setelah membaca artikel bapak.Terimakasih pak Teguh.
rfenji mengatakan…
Sudah tahap ke-9 ;)

ARTIKEL PILIHAN

Price Earning Ratio dan Price to Book Value

Membedah Laporan Keuangan Jiwasraya

Peluang Mutiara Terpendam di Saham Batubara

Seminar: Berburu Saham ‘Mutiara Terpendam’

Webinar Value Investing, Sabtu 19 Desember 2020

Peluang Multibagger di Saham yang Terdampak Covid-19

Alasan Utama Kenapa W. Buffett Terus Menjual Saham, dan Menambah Cash