Ebook Investment Planning edisi Kuartal I 2020 (edisi terbaru) sudah terbit! Anda bisa memperolehnya disini, gratis konsultasi saham langsung dengan Teguh Hidayat.

Cara Cepat Membaca Laporan Keuangan Emiten

Dalam menganalisa sebuah perusahaan, sebelum kemudian memutuskan apakah sahamnya layak invest atau tidak, maka dokumen pertama sekaligus yang paling penting untuk dipelajari seorang investor adalah laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan. Nah, biasanya dari investor pemula, penulis menerima banyak pertanyaan soal bagaimana cara membaca LK, poin-poin apa saja yang harus dilihat dan seterusnya. Dan apakah untuk bisa membaca LK, maka kita harus sekolah/kuliah jurusan ekonomi, akuntansi, dan keuangan terlebih dahulu?

Tapi penulis bisa katakan bahwa, membaca LK sejatinya mudah saja, terutama jika anda sudah terbiasa (awal-awal mungkin bingung, tapi itu normal), dan anda juga tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan finance untuk bisa membaca LK, karena penulis sendiri juga tidak memiliki latar belakang tersebut (saya lulusan Ilmu Statistika). Anyway, kita langsung saja. Video ini durasinya cukup panjang, yakni 1 jam lebih sedikit, jadi sebaiknya anda menontonnya ketika benar-benar sedang senggang agar manfaat yang diperoleh maksimal, misalnya malam hari sebelum tidur, atau ketika sedang naik MRT atau transportasi umum lainnya. Okay, here we go.


Untuk video-video berikutnya, kita akan membahas cara membaca laporan keuangan secara lebih spesifik untuk sektor-sektor tertentu, seperti sektor perbankan, konstruksi, batubara, dst. Just stay tune!

Jadwal Seminar Value Investing, Surabaya 18 Januari, Jakarta 1 Februari 2020. Info selengkapnya baca disini.

Jadwal Seminar Value Investing, Advanced Class, Surabaya 19 Januari, Jakarta 2 Februari 2020. Info selengkapnya baca disini. Bagi temen-temen peserta, tersedia bonus gratis Warren Buffett Annual Letter versi Bahasa Indonesia, yang diterjemahkan oleh penulis sendiri.

Follow/lihat foto-foto penulis di Instagram, klik 'View on Instagram' dibawah ini: Instagram
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin

5 komentar:

Redi Nurhadiman mengatakan... Balas

Terimakasih banyak Pak Teguh, videonya sangat-sangat bermanfaat 🙏

Muhammad Arif mengatakan... Balas

Sangat bermanfaat, saya safe

Bink Natawijaya mengatakan... Balas

Podcast atau video model beginian paling tepat jaman skrng

Pintar Saham mengatakan... Balas

Wah sangat menarik informasinya

Panji Tumanggor mengatakan... Balas

Terima kasih pak teguh atas ilmu nya.

Kalau boleh nanya. Pak Teguh kenal dengan Rivan Kurniawan? Value investor juga dan memiliki website juga.