Ebook Investment Planning edisi Kuartal I 2020 (edisi terbaru) sudah terbit! Anda bisa memperolehnya disini, gratis konsultasi saham langsung dengan Teguh Hidayat.

Cara Mendeteksi Manipulasi di Laporan Keuangan

Beberapa waktu lalu, kita sudah membahas tentang cara cepat membaca laporan keuangan, dimana penulis menyampaikan dalam bentuk video tentang poin-poin apa saja yang harus kita perhatikan (totalnya 15 poin) ketika membaca LK, mulai dari posisi aset, kewajiban, utang, laporan laba rugi, hingga laporan arus kas/cash flow. Di video tersebut penulis juga menyampaikan beberapa rasio yang penting untuk dicek seperti return on equity, current ratio, debt to equity ratio dan seterusnya, lengkap dengan penjelasan untuk tiap-tiap rasio tersebut.

However, ketika kita sudah menghitung kesemua rasio diatas, dan kesimpulannya katakanlah bahwa LK-nya bagus, maka timbul pertanyaan berikutnya: Apakah angka-angka yang ditampilkan di LK tersebut benar adanya? Apakah benar laba bersihnya sekian? Sebab kita tahu bahwa yang membuat LK tersebut adalah pihak manajemen perusahaannya sendiri, dan opini dari auditor sekalipun tidak menjamin bahwa sebuah LK bebas dari rekayasa atau manipulasi. Sehingga tantangan berikutnya adalah, bagaimana cara untuk mendeteksi rekayasa di laporan keuangan, jika memang ada rekayasa tersebut?

Nah, berdasarkan pengalaman penulis sendiri selama ini, memang ada banyak sekali contoh kasus rekayasa LK, yang kadang OJK sekalipun tidak bisa mendeteksinya. Karena untuk bisa menemukan rekayasa tersebut, maka kita harus membaca LK-nya hingga ke catatan kaki, lalu dikombinasikan dengan membaca dokumen-dokumen lain yang terkait, seperti laporan tahunan, LK kuartal/tahun sebelumnya, dan LK dari perusahaan lain yang berhubungan (misalnya perusahaan di sektor yang sama). Yup, jadi ini sudah masuk ke analisa tingkat advanced. Anyway, di video berikut ini, penulis menyampaikan salah satu contoh rekayasa LK tersebut, dalam hal ini terkait LK Garuda Indonesia (GIAA).


Selain Garuda, maka seperti yang sudah disampaikan diatas, di Indonesia sebenarnya ada banyak sekali contoh kasus rekayasa LK hingga financial engineering, jadi nanti kita akan bahas contoh lainnya lagi. Tapi untuk minggu depan, kita akan bedah sedikit laporan keuangan dari Jiwasraya. Just stay tune!

***

Ebook Analisa IHSG & Rekomendasi Saham edisi Januari 2020 akan terbit tanggal 2 Januari mendatang, dan anda bisa memperolehnya disini. Gratis tanya jawab saham/konsultasi portofolio saham untuk subscriber, dan tersedia diskon khusus awal tahun.

Jadwal Value Investing Advanced Class, Surabaya 19 Januari, Jakarta 2 Februari 2020. Info selengkapnya baca disini, masih tersedia diskon earlybird untuk peserta yang mendaftar sebelum tanggal 31 Desember.

Follow/lihat foto-foto penulis di Instagram, klik 'View on Instagram' dibawah ini: Instagram
Share artikel ini melalui (klik salah satu): Facebook Twitter Linkedin

1 komentar:

Martin mengatakan... Balas

Terima kasih ulasannya Pak Teguh, sangat membantu